TAHTA MATARAM

Lembaga Pendidikan Ilmu Spiritual dan Olah Raga Pernafasan

Menu

Tingkatan Sabuk Perguruan Tahta Mataram

Nov
10
2017
by : admin. Posted in : Profil

Tingkatan Sabuk Tahta Mataram

Tingkatan Sabuk Tahta Mataram

MURID/SISWA

POLOS

Polos adalah tingkatan pertama di Tahta Mataram yang pada tingkatan tersebut seseorang masih belum menyandang sabuk. Pada tingkatan ini seseorang wajib mengenal tentang Tahta Mataram supaya ketika menjadi murid/siswa Tahta Mataram benar-benar mampu memahami apa yang akan di ajarkan pada tingkatan-tingkatan selanjutnya.

Pada tingkatan ini seseorang akan di ajarkan materi senam untuk meningkatkan kelincahan gerak tubuh dan semedi penjernihan fikiran dan hati dari segala sifat keji dan mungkar. Yang mana semedi merupakan materi yang harus dikuasai setiap anggota sebagai materi dasar pelatihan ilmu spiritual.

SABUK BIRU POLOS

Sabuk Biru Tahta Mataram adalah tingkatan ke-2 setelah polos. Dan untuk mencapai sabuk ini seseorang harus melalui tes uji pengetahuan maupun materi pelatihan pada tingkatan polos. Setelah dinilai pantas, maka berhak naik ke Sabuk Biru Polos dan telah sah menjadi siswa/murid Tahta Mataram yang akan bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan sampai dengan lulus pengesahan Mori Hitam dan menjadi Saudara TM.

Pada tingkatan ini akan di ajarkan materi pembangkitan kekuatan tenaga dalam tingkat dasar yang dibangkitkan dari dalam diri serta olah raga pernafasan untuk kesehatan jiwa dan raga.

SABUK BIRU I

Sabuk Biru I Tahta Mataram adalah tingkatan ke-3 setelah Sabuk Biru Polos yang di tandai dengan simbol khusus yang berjumlah 1 Simbol yang dipasang pada Sabuk Biru yang sudah didapatkannya.

Sabuk Biru I berhak di dapatkan setelah mengikuti pelatihan dan pendidikan di Sabuk Biru Polos. Pada tingkatan ini akan diajarkan materi lanjutan pembangkitan tenaga dalam yang sebelumnya sudah dipelajari pada tingkatan Sabuk Biru Polos dan mulai di ajarkan penyaluran tenaga dalam tingkat dasar.

SABUK BIRU II

Sabuk Biru II Tahta Mataram adalah tingkatan ke-4 setelah Sabuk Biru I yang ditandai dengan 2 simbol khusus yang di pasang pada Sabuk Biru. Untuk mendapatkan Sabuk Biru II seseorang harus sudah selesai melalui pendidikan dan pelatihan di tingkatan Sabuk Biru I.

Pada tingkatan Sabuk Biru II akan di ajarkan materi lanjutan penyaluran tenaga dalam, pemagaran tubuh dan silat reflek untuk beladiri.

SABUK MERAH

Sabuk Merah Tahta Mataram adalah tingkatan ke-5 setelah Sabuk Biru II. Untuk mendapatkan Sabuk Merah tentu wajib mengikuti terlebih dahulu pelatihan dan pendidikan di Sabuk Biru II.

Pada tingkatan Sabuk Merah akan mulai diberikan pelatihan untuk kepekaan panca indra dan kepekaan batin. Dan pada tingkatan ini pula seseorang akan di berikan pengenalan ilmu spiritual dan nasehat-nasehat spiritual / wejangan hidup.

SABUK COKLAT POLOS

Sabuk Coklat Polos Tahta Mataram adalah tingkatan ke-6 setelah Sabuk Merah. Untuk mencapai Sabuk Coklat Polos harus lebih dulu selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan di tingkatan Sabuk Merah.

Pada tingkatan Sabuk Coklat Polos akan di ajarkan tehnik serangan untuk pertahanan diri melalui olah pernafasan tenaga dalam. Dan di tingkatan ini pula seseorang harus sudah mulai merubah segala laku dan tindakan yang buruk untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Dan pada tingkatan ini seseorang boleh mengajukan diri mengikuti seleksi Asisten Pelatih untuk ikut serta membantu melatih dan pengembangan Tahta Mataram di daerahnya.

SABUK COKLAT I

Sabuk Coklat I Tahta Mataram adalah tingkatan ke-7 setelah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan di tingkat sebelumnya yaitu sabuk Coklat Polos. Sabuk Coklat I ditandai dengan simbol khusus yang berjumlah 1 simbol pada sabuk Coklat yang sudah didapatkannya.

Materi yang akan diajarkan pada tingkatan Sabuk Coklat I sudah mulai mengarah pada olah fikir, olah rasa dan olah jiwa. Yang mana materi-materi yang ada di dalamnya adalah materi khusus pengolahan batin atau yang biasa disebut dengan Ilmu Kebatinan.

Pada tingkatan ini seseorang boleh mengajukan diri mengikuti seleksi Asisten Pelatih untuk ikut serta membantu melatih dan pengembangan Tahta Mataram di daerahnya.

SABUK COKLAT II

Sabuk Coklat II Tahta Mataram adalah tingkatan ke-8 dan termasuk tingkatan terakhir pada tahap jenjang pelatihan dan pendidikan siswa/murid Tahta Mataram. Pada tingkatan ini akan di ajarkan materi lanjutan tentang pengolahan batin, mulai diajarkan materi-materi penyembuhan dan terapan manfaat ilmu spiritual untuk pengabdian diri kepada kehidupan sesama.

Pada tingkatan ini seseorang boleh mengajukan diri mengikuti seleksi Asisten Pelatih untuk ikut serta membantu melatih dan pengembangan Tahta Mataram di daerahnya.

SAUDARA TM / PELATIH MUDA

SABUK COKLAT III – MORI HITAM

Seseorang yang sudah melalui pelatihan dan pendidikan dari Polos sampai dengan Sabuk Coklat II akan di sahkan menjadi Saudara Tahta Mataram melalui Tradisi Sakral Pengesahan Mori Hitam. Dan pada tingkatan ini adalah tahap pengembangan diri dan pengabdian diri kepada Lembaga dengan ikut serta dalam pengembangan Lembaga Tahta Mataram.

SABUK HITAM MUDA

Sabuk Hitam Muda adalah tingkatan setelah Sabuk Coklat III. Tingkatan ini didapatkan setelah melalui berbagai pertimbangan antara lain keaktifan dalam pengembangan Lembaga, kemapanan ilmu spiritual, dan prestasi-prestasi lainnya.

PELATIH MADYA

SABUK HITAM – MORI PUTIH

The Secret Of Saudara Tahta Mataram I

SABUK HITAM I

The Secret Of Saudara Tahta Mataram II

PELATIH UTAMA

SABUK HITAM II

The Secret Of Saudara Tahta Mataram III

SABUK HITAM III

The Secret Of Saudara Tahta Mataram IV

PENDEKAR TAHTA MATARAM

SABUK HITAM NAGA

The Secret Of Saudara Tahta Mataram V

SELENDANG HITAM

The Secret Of Saudara Tahta Mataram VI

SESEPUH TAHTA MATARAM

SELENDANG PUTIH

Hanya ada 2 orang yang sudah mencapai tingkatan ini.

SABUK GHAIB

Baru ada 1 orang yang sudah mencapai tingkatan ini.

artikel lainnya Tingkatan Sabuk Perguruan Tahta Mataram

Monday 15 June 2015 | Profil

Sekilas Mengenal Tahta Mataram TAHTA MATARAM adalah Lembaga Beladiri Pernafasan dan Penyembuhan yang sah Berbadan Hukum…

Tuesday 3 October 2017 | Gallery, Profil

Ki Raksa Manggala Ki Raksa Manggala – “KRM” Sebutan yang tidak asing lagi bagi Saudara TM,…

Tuesday 3 October 2017 | Gallery, Profil

Ki Wira Nismara Ki Wira Nismara – “Diam itu Emas” Mungkin itu adalah simbol yang tepat…

Tuesday 3 October 2017 | Gallery, Profil

Ki Dhanu Hambrastha Ki Dhanu Hambrastha – Kalian tahu yang menyediakan seragam latihanmu siapa? Kalian tahu…

TAHTA MATARAM

Lembaga Pendidikan Ilmu Spiritual dan Olah Raga Pernafasan

Perum Griya Adi No. A1 Sawahan Jaten, Karanganyar
+6285647129271
+6285647129271
+6285647129271