Menu

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

Nov
09
2017
by : admin. Posted in : Profil

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

KONTROVERSI SANG LINDU AJI

Salah satu Putra Bangsa masih menjadi kontroversi masyarakat yang mengenalnya, ia dikenal telah mengabdikan hidupnya untuk masyarakat luas, hingga kini nama Lindu Aji masih menjadi misteri keberadaanya, ketika banyak orang mencarinya yang ditemukan justru perusahaan maupun hanya organisasi yang bernama Lindu Aji.

SIAPA SESUNGGUHNYA BAPAK LINDU AJI

Di Negeri ini ada seorang laki-laki anak bangsa yang memiliki sejarah hidup penuh liku penderitaan sejak ia dilahirkan, ia anak dari keluarga tak berada dan tidak berilmu pengetahuan yang tinggi, karena itu pula sejak usia tujuh tahun sudah mencari nafkah maupun hidup dalam kesendirian, menyusuri jalan negeri ini menahan panasnya terik matahari maupun dinginya air hujan ditempuh demi mempertahankan hidupnya.
Hingga pernah pada suatu saat dalam kesendirian menatap aliran sungai ditemani sampah-sampah berserakan sembari merenungi nasib dan tidur dibawah jembatan serta makan nasi basi sisa orang lain adalah hari-hari ketika ia tidak mendapatkan sesuap nasi, toh begitu semangat pantang menyerahnya selalu berkibar seiring detak jantungnya.

SANG PUTRA BANGSA

Ialah… Bapak Lindu Aji adalah nama Asli, Lahir di pedesaan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekarang bertempat tinggal di Surakarta serta Beliau selalu ada dimana ia diminta kehadirannya di kota-kota seluruh Indonesia, Sebenarnya Umur beliau masih sangat muda dan anak-anaknya memanggilnya Bapak/Ayah walau sang anak umurnya jauh lebih tua dari Sang Bapak.
Karena anugerah Sang Pencipta sejak usia tujuh tahun Beliau telah mendapatkan anugerah kelebihan dari manusia pada umumnya, di usia dewasa dalam meditasinya ia telah mendapatkan petunjuk berbagai hakekat ilmu beladiri maupun keilmuan tenaga dalam, spiritual, kebatiniahan dan ilmu proses kejadian-kejadian dunia yang dapat tertangkap panca indera maupun kasat mata.
Berkat semangat perjuangan dan pengalamannya mengikuti beberapa organisasi masyarakat sampai pemerintahan dan dukungan ayah angkatnya (Bpk. Ronggo Warsito) pada tahun 1997 nama Beliau mulai dikenal masyarakat dan orang-orang ternama yang aktif dalam organisasi, pada tahun 1999 berkat anugerah Sang Pencipta berbagai pengalaman dalam Bidang Sosial, Kesehatan, Ekonomi, Hukum, Budaya, Spiritual, Pertahanan, Keamanan dan Ilmu Pengetahuan Psikologi Serta Ilmu Pemerintahan maupun Organisasi, Lembaga, Yayasan dapat dipahami oleh Bapak Lindu Aji.

BERDIRINYA TAHTA MATARAM

Hingga pada tahun 2005 Bapak Lindu Aji merintis sebuah wadah pendidikan yang bergerak di bidang spiritual yang diberi nama “Tahta Mataram” . Bersama Bapak Surya Nagapati yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Tahta Mataram dan para sesepuh lainnya yang juga ikut serta menjadi pendiri pada waktu itu, Tahta Mataram mulai dikembangkan dan dikenalkan kepada masyarakat luas.

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

TAHUN 2005-2008 PERINTISAN TAHTA MATARAM

TAHTA MATARAM mulai dikembangkan di wilayah Sukoharjo dan sekitarnya. Perjalanan babad alas pengembangan TAHTA MATARAM pada waktu itu memang tidak semodern seperti masa sekarang. Tetapi dengan segala kekuarangan dan keterbatasan fasilitas yang ada, tekad dan semangat para pejuang pada masa itu tidak pernah padam sedikitpun. Hingga TAHTA MATARAM mulai diterima oleh masyarkat sekitar dan mulai membuka kepelatihan di wilayah Sukoharjo, Solo, Pacitan, dan Gunung Kidul.

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

TAHUN 2008 PERESMIAN LEMBAGA TAHTA MATARAM

Pada tanggal 9 September 2008, Lembaga Beladiri Pernafasan Tenaga Dalam & Penyembuhan TAHTA MATARAM menjadi Lembaga yang resmi di akui oleh Negara. Memiliki Badan Hukum dengan Akta Pendirian No.: 012/25/IV/2008,dan terdaftar di Pengadilan Negeri No.: 09/2008/PN.SKH. serta bernaung dibawah Yayasan Padepokan Lindu Aji Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MENKUMHAM) No. AHU-1674.AH.01.04.dengan nomor pokok wajib pajak (NPWP): 02.782.246.9-532.000.
TAHUN 2009 PENGEMBANGAN CABANG TAHTA MATARAM
Di tahun 2009 TAHTA MATARAM mulai mengepakan sayapnya dan membuka cabang di kota kudus, sragen, demak dan pati. Dan berkat pendidikan dari para petinggi, TAHTA MATARAM berhasil mencetak para pelatih muda yang dapat membantu dalam kepelatihan TAHTA MATARAM.

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

TAHUN 2010 PENDEKAR TAHTA MATARAM

Pada Tahun 2010, TAHTA MATARAM berkembang ke daerah Pantura Barat, JABODETABEK, Jawa Barat dan Jawa Timur hingga terbentuk suatu kepengurusan baru di tingkat Wilayah. Berkat pendidikan dan perjuangan Para Sesepuh TAHTA MATARAM, Pada Tahun 2010 lahirlah tingkatan Pendekar sabuk Hitam Naga. Sabuk Hitam Naga adalah satu satunya sabuk pendekar yang hanya ada di TAHTA MATARAM dan Sabuk Hitam Naga adalah sabuk pamungkas TAHTA MATARAM. Lahirnya sabuk Hitam Naga pertama kali di sandang oleh Ki Aryo Wisanggeni yang pada saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Kepelatihan TAHTA MATARAM dan pada saat itu pula Ki Prabu Argamandhaka yang saat ini menjabat sebagai Sekretariat Jenderal TAHTA MATARAM naik ke tingkatan Selendang Hitam.
Berawal dari itu TAHTA MATARAM mulai merekrut kepengurusan di tingkat pusat yang dipercayakan kepada pelatih-pelatih inti yang terpilih.

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

TAHUN 2011 – 2012 TAHTA MATARAM TINGKAT INTERNASIONAL

Kiprah dari seorang Guru Besar Bapak Lindu Aji dan Ketua Umum Tahta Mataram Bapak Surya Nagapati tidak berhenti sampai disitu saja. Mimpi yang sangat besar dari para pendiri TAHTA MATARAM terus di kejar hingga ke penjuru Dunia. Hingga akhirnya TAHTA MATARAM berhasil membuka Cabang di Luar Negeri Yang berada di Brunei Darussalam dan Negeri Jiran Malaysia. Beberapa kota besar di Negara tersebut berhasil dibuka Cabang dan saat itu juga TAHTA MATARAM mulai dikenal di tingkat Internasional.
Seiring berkembangnya Lembaga banyak penerus dan pelatih-pelatih muda yang muncul, Bapak Lindu Aji selaku Guru Besar TAHTA MATARAM Madeg Pandipto Ratu dan mulai mempercayakan beberapa tanggung jawabnya kepada pengurus, pelatih maupun ketua cabang sesuai dengan tugasnya.

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

TAHUN 2013 LIKA LIKU ORGANISASI

Lembaga TAHTA MATARAM adalah sebuah organisasi yang menjadi tempat atau wadah dalam pendidikan, bersaudara, bernaung, bersilaturahmi serta menebarkan segala manfaat kebaikan terhadap sesama. Bicara tentang berorganisasi memang bukan hal yang mudah. Pikiran, tenaga, keahlian, dan pribadi pun harus ikut ke dalam organisasi, demi mencapai visi misi organisasi tersebut. Totalitas dan royalitas harga mati dalam berorganisasi.
Namun seiring berkembangnya Lembaga, konflik atau masalah mulai muncul, banyak dari para pelatih serta pengurus mulai sibuk maupun tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Sehingga membuat sitem kepengurusan dari mulai structural maupun fungsional tidak berjalan dengan semestinya. Yang membuat banyak kepelatihan dan kepengurusan illegal muncul. Mengakibatkan banyak anggota yang tidak mendapatkan kepelatihan maupun pendidikan sesuai dengan haknya.

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

TAHUN 2014 EVALUASI PENGHIMPUNAN ENERGI

Mengingat strukturan dan fungsional Lembaga yang tidak berjalan dengan semestinya, akhirnya pada Tahun 2014 TAHTA MATARAM mulai mengadakan evaluasi dari tingkat bawah sampai dengan tingkat kepengurusan pusat. Mulai merakit konsep-konsep baru sebagai kendaraan untuk mengejar mimpi seluruh lapisan Keluarga Besar TAHTA MATARAM.
TAHUN 2015 HITAM MUDA DAN REINKARNASI TAHTA MATARAM
Tahun 2015 adalah sebuah momentum besar titik balik kejayaan TAHTA MATARAM. Evaluasi di Tahun 2014 membuahkan konsep baru dalam system kelembagaan. Konsep diterapkan secara matang dan terkoordinir.
Di awali dengan Rapat Istimewa resavle kepengurusan pusat dan latihan gabungan se-Indonesia di Sigandu – Batang pada Bulan suro 2015. Saat itu juga lahirlah Sabuk Hitam Muda sebagai tingkatan baru di TAHTA MATARAM yang hanya dimiliki oleh Ketua Cabang maupun Ketua Divisi TAHTA MATARAM. Dan pada akhir Tahun tanggal 5 Desember 2015 diadakan pendadaran kepada Ketua Cabang dan Ketua Divisi Se-Indonesia yang akan menyandang sabuk Hitam Muda.

Sejarah Perguruan Tahta Mataram

TAHUN 2016 ENERGI BARU “THE POWER OF SAUDARA TM”

Pada bulan Mei 2016, TAHTA MATARAM melakukan gemblengan dan pendidikan khusus kepada Ketua Cabang dan Ketua Divisi calon penyandang sabuk Hitam Muda selama 3 hari berturut-turut di Pusat. Dan sejak saat itu juga para Ketua Cabang dan Ketua Divisi TAHTA MATARAM resmi dilantik dan dinaikan tingkat ke jajaran Sabuk Hitam Muda. Berawal dari itu TAHTA MATARAM kembali mendapat energi dan kekuatan baru. Segala system mulai tertata rapi dan TAHTA MATARAM mulai berkembang sangat pesat hingga muncul slogan baru “SAUDARA TM, HARGA MATI”

artikel lainnya Sejarah Perguruan Tahta Mataram

Thursday 16 June 2016 | Profil

ARTI TAHTA MATARAM Tahta Mataram merupakan gabungan dari kata Tahta dan Mataram, Tahta mempunyai arti Singgasana…

Monday 15 June 2015 | Profil

Sekilas Mengenal Tahta Mataram TAHTA MATARAM adalah Lembaga Beladiri Pernafasan dan Penyembuhan yang sah Berbadan Hukum…

Tuesday 3 October 2017 | Gallery, Profil

Ki Wira Nismara Ki Wira Nismara – “Diam itu Emas” Mungkin itu adalah simbol yang tepat…

Friday 10 November 2017 | Profil

Tahta Mataram Pusat Kepengurusan Tahta Mataram Pusat Kantor Sekretariat Pusat: Perum Griya Adi No A1, Sawahan,…